RESENSI
KATEGORI
: LAYANAN MASYARAKAT
OLEH
:
Bagas Annas
Utomo
K5416008
RESENSI PUSKESMAS
Puskesmas, adalah
organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata,
dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif
masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat.
Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada
pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajad kesehatan yang optimal,
tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.
Nama Layanan Masyarakat : PUSKESMAS
(Pusat Kesehatan Masyarakat)
Lokasi Pelyanan : Desa/Kota Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.
Lembaga
Pengelola : Dinas Kesehatan
Kabupaten/Kota.
Bergerak Dalam Bidang : Kesehatan Masyarakat.
Pengelola :
Pegawai Negeri Sipil (Dokter/Bidan),dan Beberapa tenaga ahli.
Badan
Milik : Negara
Ø KELEBIHAN
Memiliki jumlah
petugas medis dan para medis yang lengkap, sumber pembiayaan kesehatan yang
tersedia, bahan dan obat serta persediaan lainnya yang tersedia, prosedur
kerja/layanan kesehatan masyarakat atau oprasional prosedur yang tersedia,masyarakat
wilayah puskesmas dan peralatan kesehatan yang tersedia,dan yang terakhir waktu
jam praktek yang terjadwal.
Ø
KEKURANGAN
Sistem pelayaannya
kadang harus lama dikarenakan menunggu no antrian,lalu kadang kedatangan dokter
yang membuat pasien yang mengantri, dokter juga sering terlambat melayani
pasien, kadang jam kerja dokter yang kurang teroganisir, didaerah yang
terpencil masih terdapat kekurangan tenaga medis, tenaga kebersihan juga kurang
memperhatikan keadaan sekitar pada puskesmas daerah tertentu,dan lain lain.
Ø
KESIMPULAN
Dilihat dari
kelebihan dan kekurangan nya puskesmas jauh lebih banyak kelebihannya dan hanya
perlu di tingkatkan pelayanan medis yang telat lalu kalau bisa dokter yang
datang nya telat harus bisa datang jauh jauh jam kerja ia mulai karena kalau
datang tepat waktu maka pasien yang menunggu tidak kelamaan menunggu, dan juga
untuk sistem pengambilan nomor antrian kalau bisa di ubah karena bila tidak
diubah banyak pasien yang kadang mendesak duluan dan kadang pasien tua
mendapatkan giliran akhir, kalau bisa sistem pengambilan nomor antrian di buat
seperti rumah sakit, dan pasien yang BPJS dan Umum harus di pisah, dan masalah
kebersihan puskesmas sudah cukup bersih. Cuma dibagian kamar mandi harus diperhatikan
karena dari kamar mandi juga dapat menyebarkan penyakit. Menurut saya puskesmas
akan lebih maju dan sangat menguntungkan bagi masyarakat desa yang membutuhkan
pertolongan pertama saat sakit dan keadaan puskesmas harus sangat diperhatikan
agar kemajuannya tetap terjaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar