Minggu, 09 Oktober 2016

PUSKESMAS



       
RESENSI

KATEGORI     : LAYANAN MASYARAKAT
OLEH               :
 
Bagas Annas Utomo

K5416008



RESENSI PUSKESMAS

        Puskesmas, adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajad kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

Nama Layanan Masyarakat    : PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat)
Lokasi Pelyanan   : Desa/Kota Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.
Lembaga  Pengelola       :  Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.
Bergerak Dalam Bidang : Kesehatan Masyarakat.
Pengelola    : Pegawai Negeri Sipil (Dokter/Bidan),dan Beberapa tenaga ahli.
          Badan Milik         : Negara

Ø  KELEBIHAN
Memiliki jumlah petugas medis dan para medis yang lengkap, sumber pembiayaan kesehatan yang tersedia, bahan dan obat serta persediaan lainnya yang tersedia, prosedur kerja/layanan kesehatan masyarakat atau oprasional prosedur yang tersedia,masyarakat wilayah puskesmas dan peralatan kesehatan yang tersedia,dan yang terakhir waktu jam praktek yang terjadwal.
Ø  KEKURANGAN
Sistem pelayaannya kadang harus lama dikarenakan menunggu no antrian,lalu kadang kedatangan dokter yang membuat pasien yang mengantri, dokter juga sering terlambat melayani pasien, kadang jam kerja dokter yang kurang teroganisir, didaerah yang terpencil masih terdapat kekurangan tenaga medis, tenaga kebersihan juga kurang memperhatikan keadaan sekitar pada puskesmas daerah tertentu,dan lain lain.

Ø  KESIMPULAN
Dilihat dari kelebihan dan kekurangan nya puskesmas jauh lebih banyak kelebihannya dan hanya perlu di tingkatkan pelayanan medis yang telat lalu kalau bisa dokter yang datang nya telat harus bisa datang jauh jauh jam kerja ia mulai karena kalau datang tepat waktu maka pasien yang menunggu tidak kelamaan menunggu, dan juga untuk sistem pengambilan nomor antrian kalau bisa di ubah karena bila tidak diubah banyak pasien yang kadang mendesak duluan dan kadang pasien tua mendapatkan giliran akhir, kalau bisa sistem pengambilan nomor antrian di buat seperti rumah sakit, dan pasien yang BPJS dan Umum harus di pisah, dan masalah kebersihan puskesmas sudah cukup bersih. Cuma dibagian kamar mandi harus diperhatikan karena dari kamar mandi juga dapat menyebarkan penyakit. Menurut saya puskesmas akan lebih maju dan sangat menguntungkan bagi masyarakat desa yang membutuhkan pertolongan pertama saat sakit dan keadaan puskesmas harus sangat diperhatikan agar kemajuannya tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar