Senin, 10 Oktober 2016

Pasta Gigi Pepsodent

RESENSI
 
KATEGORI     : PRODUK
OLEH               : 
Nur Liyan Widyaningrum
K5416050


 Pasta Gigi Pepsodent
                                                                       
Nama Produk                         : Pasta Gigi Pepsodent
Nama Perusahaan                   : PT.Unilever,Jl.Rungkut Industri IV/5-11, Surabaya, Indonesia
Pengagas Produk                    : PT. Pepsodent
Tahun penemuan Produk        : 1980-an
Nomor BPOM                        : NA 18111400119 dengan merk daftar R. No. IDM000278528

Pepsodent merupakan salah satu produk pasta gigi terkenal dan tertua di Indonesia. Akantetapi walaupun usianya sudah tua, produk ini masih bisa bertahan menjadi produk yang digemari masyarakat Indonesia. Produk ini merupakan produksi dari Unilever, yang berproduksi di kota Surabaya. Pepsodent pertama kali diluncurkan di Inggris pada dekade 1920-an dan menyebar ke negeri-negeri jajahannya termasuk Hindia-Belanda (Indonesia), Malaya (Malaysia), dan Temasek (Singapura). Pepsodent adalah salah satu produk yang cukup terkenal pada masa penjajahan, ketika Unilever memasuki pasaran Indonesia di era penjajahan, sekitar dasawarsa 1930-an.

Sampai saat ini Pepsodent telah meluncurkan banyak sekali produk untuk merawat gigi masyarakat Indonesia. Ini merupakan produk-produk yang telah dibuat oleh Pepsodent:
1.    Pepsodent White Pencegah Gigi Berlubang
2.    Pepsodent Fresh Cool Mint
3.    Pepsodent Whitening
4.    Pepsodent Herbal
5.    Pepsodent Complete + Gum Care
6.    Pepsodent Gigi Susu Strawberry
7.    Pepsodent Gigi Susu Orange
8.    Pepsodent Complete 8
9.    Pepsodent Center Fresh
10.  Pepsodent Anak Dora dan Diego, Pagi dan Malam
11.  Pepsodent Mouth Wash
12.  Pepsodent Action 123
13.  Pepsodent White Now
14.  Pepsodent Sensitive Expert
15.  Pepsodent Expert Protection
16.  Pepsodent Tooth Brush: Smart Clean, Family, Fighter, Easy Clean, Extra, Double Care, Torsion, Whitening

Pepsodent mempunyai kandungan yang tersendiri untuk membentuk sebuah komponen dalam pasta gigi pepsodent. Kandungan yang terdapat di Pepsodent adalah:
1.    Calcium
2.    Sorbitol
3.    Flavor
4.    Hydrated Silicate
5.    Cellulosa Gum
6.    Sodium Silicate
7.    Sodium Saccharin
8.    CI 77891, mengandung Flouride
9.    DMDM Hydantoin
10.  Sodium monoflourophospate
11.  Potasium Citrate
12.  Sodium Lauryl Sulfate

      Selain kandungan diatas pepsoent juga mempunyai bahan aktif dalam komposisinya yaitu 1.12% Sodium monoflourophospate. Seluruh kandungan- kandungan yang ada di dalam pepsodent bekerjasama untuk perlindungan gigi selama 12 jam serta mencegah gigi berlubang.  Selain itu, manfaat adalah :
1.      Merawat kekuatan email
2.      Gigi tampak lebih putih alami
3.      Menyegarkan nafas
4.      Membantu menjaga kesehatan gusi, mengurangi pembentukan plak selama 18 jam
5.      Mencegah karang gigi
6.      Membantu mengurangi pertumbuhan bakteri

Selain manfaat, dalam pemasarannya produk Pepsodent juga memiliki banyak keunggulan dan kekuatannya diantara lain yaitu :
a.       Brand pepsodent sudah lama di Indonesia sehingga sebagian besar orang sudah mengetahui  
          kualitas dari pepsodent. Pepsodent memiliki banyak variasi, mulai dari Pepsodent untuk anak,
          whitening, herbal, hingga sensitive expert. Produk pepsodent mudah didapat karena dijual
          di supermarket dan minimarket di berbagai kota di Indonesia.
b.      Harganya pun relatif terjangkau.
c.       Pepsodent pun senantiasa bekerja sama dengan PDGI untuk mempromosikan brandnya.

      Akan tetapi, seluruh manfaat dan keunggulan pepsodent tersebut akan dinikmati dengan baik apabila kita menggunakan pasta gigi ini dengan teratur, yangmana idealnya adalah 2kali sehari.

Di dalam suatu produk yang mempunyai keunggulan pasti ada juga kelemahannya. Seperti halnya Pepsodent, yang dalam pemasarannya memiliki sedikit kelemahan yang terkadang membuat pemasaran terhambat dan kurang medapat respon dari konsumen. Kelemahannya atau dalam bahasa kewirausahaan disebut dengan Weakness, antara lain :
a.       Promosi yang disuguhkan Pepsodent belakangan ini terlalu singkat.
b.      Iklan Pepsodent secara bergantian hanya menampilan adegan menyikat gigi ataupun mengetes
          kekuatan gigi depan westafel dan cermin. Beberapa konsumen bosan dan tidak dapat
          membedakan iklan Pepsodent yang terdiri dari beberapa jenis.
c.       Untuk iklan Pepsodent sensitive expert, terkesan meniru brand yang sudah lama mengusung 
          dan mengincar pasar gigi sensitive.

1 komentar: