RESENSI
KATEGORI
: PRODUK
OLEH
:
Agung Satria
Aji J
K5416002
SUZUKI GSX
R750
Mesin
Ø Tipe mesin : 4 Tak, 4 Silinder, DOHC, sistem pendingin cairan (Liquid
Cooled)
Ø Diplacement : 750cc
Ø Bore x Stroke : 70 mm x 48,7 mm
Ø Perbandingan kompresi : 12,5 : 1
Ø Power Tertinggi : 150 Hp (110 KW) / 13200 rpm
Ø Torsi tertinggi : 64 lbf ft (87 Nm) / 11200 rpm
Ø Sistem bahan bakar : Injeksi (Fuel Injection System)
Ø Tipe starter : electric
Ø Pelumasan : basah
Ø Sistem pengapian : Electronic Ignition (Transistorized)
Ø Transmisi : 6 kecepatan, constant mesh
Ø Final drive : RK525ROZ5Y, 116 links, chain
Dimensi
|
Ø Panjang : 2030 mm
Ø Lebar : 710 mm
Ø Tinggi : 1135 mm
Ø Jarak sumbu roda : 1390 mm
Ø Jarak terendah ketanah : 130 mm
Ø Tinggi tempat duduk : 810 mm
Ø Berat basah : 190 kg
Ø Kapasitas bahan bakar : 17 liter
Ø Rangka/kaki-kaki
|
Ø Suspensi depan : 41 mm Showa Inverted Big Piston Type Forks (BPF)
Ø Suspensi belakang : monoshock, link type, Showa Shock, Fully adjustable
Ø Rem depan : Cakram ganda radial mount monobloc caliper 310 mm dari Brembo
Ø Rem belakang : Cakram tunggal 1 kaliper piston 220 mm dari Nissin
Ø Ban depan : 120/70ZR17M/C (58W) Tubeless
Ø Ban belakang : 180/55ZR17M/C (73W) Tubeless
|
Dilihat
sekitas tampilan luar motor yang satu ini memang benar-benar terlihat mewah dan
keren. Bahkan hadirnya full fairing yang melengkapi bodi mampu memperlihatkan
tampilan yang sport benar berkualitas. Hadrinya dalam dua pilihan warna yakni
Metalic Triton Blue dan Black / Matte Black membuat para penggila yang tertarik
memilikinya bisa memilih sesuai dengan selera. Warna Biru sendiri merupakan
warna khas dari Suzuki.
Kemudian
bicara soal fitur unggulan, sebanding dengan harga Suzuki GSX R750 yang cukup
mahal, motor ini juga di bekali dengan serangkaian fitur menarik yang bisa
membuat setiap pengguna merasa jauh lebih percaya diri. Yang mana salah satunya
adlah hadirnya panel Instrumen Analog dan Digital yang merupakan instrumen yang
dibuat dengan inspirasi dari seri GSX R1000. Menariknya pada tampilan digitalnya
ini sobat akan mendapatkan berbagai macam panel informasi yang cukup lengkap.
Mulai dari
tampilan speedometer, odometer, dual trip meter, reserve trip meter, jam,
temperatur suhu atau indikator tekanan minyak, lap timer / stopwatch, hingga
indikator S-DMS dan indikator posisi gigi. Disamping itu ada pula dukungan
fitur Druve Mode Selector (S-DMS) yang mana fiturini memungkinkan sobat bisa
mengatur power mesin sesuai dengan komdisi jalan yang sedang sobat lalui. Fitur
ini terbagi dua mode yakni A untuk power mesin tinggi, dan mode B yang diguakan
untuk mengatur power mesin tetap bisa di atur sesuai kebutuahan.
Dengan sepesifikasi mesin
tersebut pasti bahan bakar yang digunakan harus beroktan diatas 90 dan konsumsi
bahan bakar cukup tinggi atau bisa dikatakn boros dibandingkan motor sekelasnya
dan torsi jarak panjang degan rasiosepaeri di atas akan kalah dibanding dengan
pesaing mereka sedangkan pesaing mereka menggunakan rasio yang hampir sama beda
dengan suzuki yang hanya mengandalkan
akselerasi yang cepat hanya mengandalkan kecepatan akselerasi 0 –
100km/jam dengan waktu 2,3detik tidak cukup untuk mengalahkan pesaing dengan
dominasi trek panjang
Dengan demikian dapat disimulakan
bahwa sizuki gsx600 dengan mesin 600 cc dan gear box 6 speed dapat melaju dengan
kecepatan diatas 200km/jam bahakan cukup baik di kelasnya dan dapat menjadi
pesaing terberat untuk montor pabrikan lain. Bobot yang cukup ringan dan
ramping memudahkan penguna untuk mengendarai dengan lincah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar